Cara Cat Tembok Tanpa Plamir, Mudah Dilakukan Dan Hasilnya Maksimal!

Google.com


Teman88, plamir merupakan material yang berfungsi untuk melapisi tembok agar memperhalus permukaan atau menutup keretakan. Adapun plamir ini berupa cairan putih campuran dari kalsium, lem, dan air.Para tukang umumnya menggunakan plamir sebelum melakukan proses pengecatan.

Akan tetapi, ternyata Teman88 juga bisa melalukan pengecatan tanpa plamir, lo. Selain menekan anggaran, hasil akhirnya terbilang bakal memuaskan jika dilakukan dengan tepat. Lalu, bagaimana cara mengecat tembok tanpa plamir? Melansir berbagai sumber, ini dia langkah-langkahnya!


1. Memerhatikan Tahapan Plesteran Tembok

Teknik plesteran tembok yang benar akan memengaruhi proses pengecatan. Semahal apapun cat yang digunakan, apabila bagian dasarnya sudah bergelombang alias tidak rata, maka hasilnya tak akan maksimal, Itulah mengapa memerhatikan tahapan plesteran ini sangat penting.


2. Jangan Lapisi dengan Dempul

Umumnya, dengan tingkat kelembapan 75 persen dan ketebalan 2 cm, maka plester dinding bisa mengering hanya dalam satu hari. Perlu untuk Teman88 ketahui, kering yang dimaksud bukanlah kering di bagian permukaannya saja melainkan juga harus kering hingga bagian dalamnya.

Pengecatan tembok dalam keadaan yang lembap berpengaruh besar pada hasil akhir. Begitu pula dalam penggunaan dempul yang sebaiknya dihindari ketika kamu hendak melakukan cat tembok tanpa plamir.


Google.com



3. Haluskan Permukaan Tembok

Untuk memastikan hasil cat tembok tanpa plamir sesuai harapan, tembok perlu dihaluskan atau diratakan terlebih dahulu menggunakan skrap ampelas. Cara ini juga bertujuan untuk membersihkan permukaan tembok dari noda atau kotoran yang menempel selama proses plester.

Permukaan tembok yang halus dan bersih bakal membuat cat lebih mudah menempel dan cepat kering. Di luar itu, pentingnya ampelas permukaan tembok tidak hanya untuk menghaluskan, tetapi juga sebagai proses pengecekan akhir.

4. Menutup Area Lantai

Sebelum proses pengecatan dilakukan, tutuplah terlebih dahulu area lantai yang dekat dengan tembok. Hal ini bertujuan agar, selama pengecatan berlangsung, tetesan cat tidak mengotori lantai. Apabila masih terjadi cipratan atau noda cat pada lantai, segera bersihkan dan jangan menunda hingga mengering.

5. Menggunakan Cat Dasar

Untuk Teman88  ketahui, jangan pernah langsung mengaplikasikan warna cat yang telah dipilih ke permukaan tembok, Sebaiknya gunakan terlebih dahulu cat dasar. Umumnya cat dasar ini berwarna putih kendati warna cat tembok yang dipilih adalah warna gelap atau warna lainnya. Dengan mengaplikasikan cat dasar, nantinya warna cat kedua akan lebih ¡°keluar¡± serta warna yang ditimbulkan terasa merata dan awet.

6. Aplikasikan Cat Kedua dengan Roll

Jika cat dasar telah mengering total, aplikasikan cat kedua atau warna cat yang telah dipilih dengan menggunakan roll. Dibandingkan kuas, roll akan membuat hasil akhir pengecatan lebih rata.

Tak hanya itu, proses pengecatan dengan roll juga akan lebih cepat. Sementara di sisi lain, Teman88 bisa menggunakan kuas untuk diaplikasikan pada pengecatan bagian sudut, tepi dinding, dan area lain yang sulit terjangkau. Namun, di luar penggunaan roll atau kuas, gerakan mengecat sebaiknya dilakukan satu arah supaya lebih rapi.

7. Cat dari Bagian Atas dan Selesaikan Satu Bidang

Cara cat tembok tanpa plamir dengan menyelesaikan terlebih dahulu satu bidang, kemudian pindah ke bidang lain umumnya telah diketahui oleh tukang. Namun, apabila Teman88 berniat melakukan pengecatan sendiri, hal ini tak boleh luput. Pengecatan sebaiknya dimulai dari bagian paling atas, tepatnya tembok yang paling dekat dengan langit-langit. Pasalnya, jika dimulai dari area tengah, biasanya hasil cat tidak akan rata.

8. Aduk Cat secara Berkala

Sebagaimana proses mengecat pada umumnya, mengaduk cat adalah hal yang lumrah dilakukan. Perlu diketahui, Teman88 perlu mengaduk cat dalam wadah secara berkala. Cat yang tidak diaduk secara konsisten bisa menyebabkan bahan-bahan terpisah dan berisiko memberikan warna yang tidak sama ketika cat diaplikasikan ke permukaan tembok.

9. Tahap Finishing Pembersihan Noda

Apabila semua tahap telah dikerjakan, poin terakhir adalah membersihkan noda-noda yang ada di lantai atau area sekitar pengecatan. Meski Teman88 telah mencoba membersihkan ketika proses pengecatan berlangsung, bukan tidak mungkin noda cat tetap ada, bukan?


Nah Teman88 itu tadi Cara Cat Tembok Tanpa Plamir, Gimana mudah bukan? Semoga dapat membantu Teman88 semua yaa.


Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top