6 Bahan Alternatif Ini Bisa untuk Bangun Rumah Murah

Membangun rumah saat ini sudah mulai banyak referensinya. Bahkan, jika ingin membangun rumah yang murah.

Salah satu pengurangan biaya adalah mencari material alternatif untuk membangun rumah murah. Selain material bangunan pada umumnya, sekarang ini banyak ditemukan teknologi bahan alternatif yang lebih efektif.

Mengutip buku 'Rumah Murah Seri Rumah Ide', karya Imelda Akmal, Architectural Writer Studio, berikut material alternatif untuk membuat rumah murah:

1. Semen Mortar

Secara satuan harga semen mortar sedikit lebih mahal dibandingkan semen biasa. Namun, pemakaiannya lebih irit, cepat, dan tidak butuh banyak tukang.

Dengan semen siap pakai, kita tidak perlu mengira-ngira campuran pasir dan semen.

2. Beton Aerasi

Beton ini lebih ringan daripada batu bata biasa. Sehingga, beban fondasi bisa dikurangi.

Ukuran satuan lebih berpresisi dengan dimensi lebih besar sehingga pemakaiannya lebih sedikit untuk satu bidang dinding. Beton Aerasi ini kedap suara dan relatif tahan api dengan daya serap rendah sehingga tidak mudah lembab.

3. Kertas

Di Jepang sampah kertas didaur ulang menjadi bahan bangunan alternatif. Sifatnya yang ringan cocok digunakan untuk bangunan tahan gempa.

Namun, teknologi dan pemakaiannya belum cukup familier bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, sifat dasar kertas yang kurang tahan air cukup menyulitkan aplikasi di daerah bercurah hujan tinggi.

4. Styrofoam (EPS Sandwich Panel)

Expanded Polystyrene atau yang dikenal dengan istilah styrofoam kerap dijumpai sebagai wadah makanan dan pengaman barang elektronik. Ternyata, Styrofoam juga bisa dijadikan material alternatif untuk dinding.

EPS Sandwich panel misalnya, berupa dua panel metal yang bagian tengahnya diisi styrofoam. Selain ringan dan tahan lama, panel ini juga kedap suara.

5. Fiber Semen

Bahan ini merupakan material pengganti asbes gelombang karena asbes merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan. Fiber semen diguanakn sebagai amterial penutup atap dan cladding. Selain ringan dan tahan rayap, fiber semen relatif mudah dipasang.

6. Kontainer dan Tube

Peti kemas dan bekas gerbong kereta juga bisa dijadikan tempat bernaung yang murah. Kita tinggal membuat bukaan untuk pintu dan jendela.

Namun, perhatikan sirkulasi udara dan insulasi panas jika di daerah tropis.

Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top