Efek Psikologis Warna Cat pada Rumah Japandi,Simak artikelnya !

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman untuk dihuni. Cara paling efektif untuk memperoleh suasana hunian tersebut adalah dengan mengubah tampilan interiornya. Salah satu desain interior yang sedang populer dan dapat memberikan kenyamanan secara maksimal adalah desain interior Japandi.

Selain ruangan yang luas dan furnitur yang memadai, penggunaan warna cat pada dinding juga dapat memengaruhi faktor kenyamanan dalam desain Japandi, lho! Warna cat sendiri sangat beragam dan masing-masing warnanya memiliki karakter serta efek psikologis tersendiri.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai efek psikologis warna cat pada desain Japandi. Namun, sebelum masuk ke pembahasan warna lebih dalam, sebaiknya kamu pahami dulu apa itu desain Japandi di bawah ini!


Apa itu Japandi ?


Desain interior Japandi merupakan perpaduan desain antara gaya Japanese dan Scandinavia. Kedua gaya tersebut memiliki filosofi hidup esensial masing-masing, yaitu wabi-sabi dari Jepang yang mengutamakan estetika dan menghargai ketidaksempurnaan serta lagom dari Skandinavia yang mengutamakan keseimbangan dalam setiap aspek kehidupan.

Melalui penggabungan tersebut, konsep Japandi hadir dengan gaya hidup yang berfokus pada efisiensi dan pemenuhan kebutuhan hidup. Dengan demikian, desain interior Japandi memiliki karakteristik yang sederhana, hemat tempat, dan juga clean.

Sementara itu, material yang digunakan pada rumah Japandi, baik itu untuk furnitur atau bangunannya, sebagian besar adalah bahan-bahan alami, seperti kayu dan rotan. Hal ini karena rumah Japandi sangat identik dengan warna-warna natural yang mampu membuat suasana hunian jadi lebih nyaman.


Warna-Warna pada Desain Interior Japandi


Selain warna natural, pemilihan cat dinding pada rumah Japandi juga lebih berorientasi pada warna-warna yang cerah, hangat, dan lembut untuk menciptakan kesan ruangan yang bersih dan lapang. Setiap warna yang dipakai juga memiliki efek psikologis tersendiri bagi penghuni rumahnya. Apa saja warna-warna cat yang biasa diaplikasikan pada rumah Japandi?


1. Warna Cat Putih

Warna cat paling umum yang digunakan, baik itu pada rumah Japandi atau model rumah lainnya adalah putih. Namun pada desain rumah Japandi, warna putih tidak berdiri sendiri, melainkan tetap dipadukan dengan unsur warna cokelat alami dari furnitur yang bermaterial kayu.

Warna putih sendiri melambangkan kemurnian dan kepolosan. Secara visual, warna putih ini dapat memberikan kesan yang bersih dan luas pada sebuah ruangan. Berkat warnanya yang netral, cat putih bisa kamu aplikasikan pada ruangan apa saja.


2. Warna Cat Biru Pastel


Warna cat cerah dan lembut yang kerap diaplikasikan pada rumah Japandi adalah warna biru pastel. Warna ini melambangkan kedamaian dan kestabilan. Oleh karena itu, warna cat biru pastel dapat memberikan efek psikologis yang menenangkan.

Kamu bisa mengaplikasikan warna cat biru pastel di ruang tamu atau kamar tidur. Jika dipadukan dengan warna-warna alami, seperti gambar di atas, ruangan akan jadi terasa makin homey.


3. Warna Cat Krem


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah Japandi sangat identik dengan warna-warna alami. Salah satunya adalah warna krem yang merupakan turunan dari warna cokelat. Warna cat ini biasanya menjadi simbol warna bumi atau earthy tone.

Dengan mengaplikasikan warna cat krem pada rumah Japandi, kamu akan merasakan suasana hunian yang hangat, nyaman, dan aman. Selain itu, warnanya yang lembut juga tidak akan membuat matamu terasa sakit.


4. Warna Cat Hijau Muda


Selain krem, warna cat earthy tone yang biasa diaplikasikan pada rumah Japandi adalah warna hijau yang soft. Karakteristik dari warna ini adalah kesegaran dan ketenangan. Oleh karena itu, kamu akan merasa lebih rileks dan nyaman saat berada di dalam ruangan berwarna hijau muda.

Karena tubuh dan pikiran lebih rileks, kesehatanmu pun akan jadi lebih terjaga. Aplikasi warna cat hijau muda ini sangat cocok untuk kamar tidur, ruang santai, ruang belajar, atau ruang kerja pribadi di dalam rumah Japandi.


5. Warna Cat Abu-Abu Muda


Selanjutnya, ada warna cat abu-abu muda. Warna campuran antara hitam dan putih yang lebih dominan ini dapat memberikan efek kestabilan pada ruangan. Warnanya yang lembut juga mampu menciptakan suasana tenang pada rumah Japandi.

Kalau kamu merasa warna cat abu-abu muda ini masih sedikit gelap, kamu bisa menambahkan lagi cat putih secukupnya supaya warnanya jadi lebih cerah. Aneka furnitur dan dekorasi yang senada juga bisa menghilangkan kesan monoton tersebut.

Semua warna cat pada desain rumah Japandi di atas sangat menarik dan nyaman, bukan? Nah, kalau kamu mau mengaplikasikan warna-warna cat tersebut, kamu bisa gunakan cat dinding dari berbagai Merk seperti Propan,Futanlux dan yang lainnya yang banyak memiliki keunggulan.

Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top