Macam-Macam Baut dan Kegunaannya

Google.com


Apakah Teman88 tahu macam-macam baut yang biasa digunakan dalam sebuah konstruksi? Untuk memperkuat sebuah konstruksi, kehadiran baut ini akan sangat membantu. Benda ini didesain untuk bisa dilepas kembali jika diperlukan, sehingga akan memudahkan Teman88 nantinya jika memerlukan hal tersebut. Nah, untuk bisa memahami benda yang satu ini dengan lebih baik, maka beragam informasi yang ada di bawah ini akan bisa membantu Teman88.

Baut bisa di gunakan untuk menyatukan berbagai bahan termasuk kayu, lembaran logam, baja, besi, dan polimer. Perkakas tangan umum atau perkakas listrik bisa digunakan untuk memasang benda ini. Mulai dari set soket, kunci pas ujung terbuka, kunci pas kotak, hingga bor listrik. Berikut ini adalah beragam  jenis baut beserta dengan kegunaannya, Yuk simak selengkapnya.

1. Baut Jangkar

Baut jangkar adalah baut yang dirancang untuk menyambungkan komponen struktur ke pelat beton atau pondasi tuang. Baut jangkar dapat dipasang pada tempatnya saat struktur beton sedang dicor, seperti pelat yang digunakan di atas pondasi rumah, atau bisa dipasang setelah beton mengering melalui operasi pengeboran untuk membuat saluran di mana baut jangkar dapat dimasukkan.


Google.com


2. Baut Kereta

Baut Kereta memiliki kemampuan untuk mengunci diri sendiri yang memberikan tingkat keamanan dengan menggunakan kepala flush-mount, yang akan memberikan akses untuk melepas atau melonggarkan baut ini dari sisi mur baut saja. Di bawah kepala baut kereta adalah bagian persegi yang dapat dimasukkan ke dalam potongan persegi pada material yang disambung sehingga memberikan fitur penguncian otomatis yang memungkinkan baut untuk dikencangkan dari sisi mur tanpa kebutuhan untuk menahan kepala dengan kunci pas.


Google.com


3. Baut Heksagonal/Segi Enam

Baut segi enam adalah salah satu jenis baut yang umum kita jumpai dan tersedia dalam ukuran inci dan metrik. Sesuai dengan namanya, baut ini memiliki kepala heksagonal segi enam, yang cocok untuk dikencangkan dengan kunci pas atau soket. Baut segi enam dapat berulir penuh atau mungkin memiliki bahu yang tidak berulir. Baut ini sering digunakan untuk mengikat kayu ke kayu, logam ke kayu, atau logam ke logam.


Google.com


4. Baut Kepala Bulat

Jenis baut yang satu ini memiliki kepala yang berbentuk bulat dan biasanya digunakan untuk menyambung kayu. Sifat kayu yang lebih lembut memungkinkan baut untuk menekan permukaan kayu dan mencengkram melalui gesekan untuk mencegah baut berputar ketika mur dikencangkan.


Google.com


5. Baut Ujung Ganda

Baut ujung ganda memiliki bagian berulir di setiap ujung baut, menghilangkan bentuk baut tradisional yang memiliki kepala. Salah satu ujungnya dirancang untuk dimasukkan ke dalam lubang yang sesuai, sedangkan ujung lainnya menonjol dan diulir untuk menopang mur. Baut ini juga biasa disebut dengan nama baut stud. Beberapa bentuk akan memiliki ulir hampir sepanjang badan baut, beberapa jenis lagi hanya sebagian saja.


Google.com


Itulah macam-macam baut dan juga kegunaannya, Teman88 bisa memilih baut mana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari menyatukan baja yang kuat, hingga kayu yang lembut. Nah, untuk Teman88 yang sedang mencari baut baja yang akan digunakan dalam proses konstruksi.


Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top