Cara Instan Membuat Rumah Sejuk Ketika Hawa Panas Menyerang

Google.com


Terkadang, suhu rumah bisa tiba-tiba naik ketika udara di luar sangat panas. Hal ini akan membuat tidak nyaman segala aktivitas yang sedang dilakukan di rumah. Rumah sejuk sebenarnya bisa diwujudkan dengan beberapa langkah kecil di rumah lo, Teman88. Enggak percaya? Inilah beberapa cara membuat rumah sejuk dengan cara yang instan, kita simak yuk!

1. Tutup Tirai

30% hawa panas di rumah ternyata berasal dari cahaya matahari yang menembus melalui jendela Terutama, jendela yang menghadap selatan dan barat yang merupakan ¡°biang kerok¡± dari hawa panas ini. Dengan menutup tirai, Teman88 sudah bisa mengurangi temperatur secara signifikan.


Google.com


2. Mengganti Seprai dan Bantal

Siapa sangka mengganti seprai dan bantal bisa membuat rumah sejuk? Ternyata mengganti kedua barang tersebut bisa mengurangi hawa panas di atas kasur. Lembaran flanel dan selimut bulu pada seprai adalah kedua bahan terbaik untuk isolasi. Sedangkan kapas bisa memberikan ruang ekstra yang digunakan kain untuk ¡°bernafas¡± sehingga permukaannya terasa lebih dingin. Untuk bantal yang dingin, pilihlah yang isinya kulit ari gandum. Kulit ari gandum dilengkapi dengan ruang udara alami yang tidak akan menahan panas tubuh.


Google.com


3. Membatasi Penggunaan Air Saat Udara Panas

Saat cuaca di luar sedang terik-teriknya, suhu air pun akan meningkat. Hal ini berlaku juga dengan air yang ada di dalam tanki rumah. Air yang dialirkan dari tanki tersebut akan menyebabkan kelembapan di dalam rumah yang menyebabkan suhu di dalam rumah naik. Maka dari itu, cobalah untuk menunda kegiatan mencuci piring, mandi, dan menyiram tanaman agar hawa rumah tidak terasa panas.

4. Membuka Pintu di dalam Rumah

Pintu ruangan rumah yang tidak dipakai biasanya dibiarkan tertutup. Padahal, hal ini ternyata bisa membuat hawa panas  terjebak di dalam rumah ruangan. Mulailah membuka pintu serta jendela yang menghadap ke dalam agar udara sejuk bisa terus bergerak di dalam rumah.


Google.com


5. Mengelola Penggunaan Barang Elektronik

Beberapa peralatan yang menggunakan listrik di rumah ternyata bisa membuat suhu ruangan menjadi panas. Pasalnya, barang elektronik cenderung memproduksi panas yang bisa menyebar ke seluruh ruangan. Inilah beberapa cara yang bisa Teman88 praktikkan untuk mengatasinya :

    • Ganti lampu konvensional dengan lampu LED yang menghasilkan lebih sedikit panas.
    • Matikan lampu, TV, dan komputer saat sedang tidak dipakai.
    • Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas karena motor lemari pendingin yang bekerja lebih keras bisa membuat hawa di sekitar ruangan lebih panas.

6. Menyimpan Tanaman di Balkon

Menyimpan tanaman di balkon atau teras atap bisa membuat rumah sejuk. Namun, cara ini akan berhasil jika Teman88 menyimpan tanaman sungguhan ya, Tanaman bisa mendinginkan ruangan karena tanah ternyata memiliki sifat menyerap panas sinar matahari. Dengan cara sederhana seperti ini, ruangan yang berhadapan dengan balkon akan terasa lebih adem.



Google.com


7. Membiarkan Angin Malam Masuk

Terkadang, hawa panas bisa terjadi tanpa kehadiran matahari sekalipun. Udara panas yang menyerang rumah di malam hari bisa membuat tidur menjadi tidak nyaman. Untuk itu, Teman88 bisa membuka pintu balkon atau jendela sebelum tidur agar udara malam bisa masuk. Namun, jangan lupa untuk menutupnya kembali ketika ruangan sudah terasa adem.



Google.com


Itulah cara instan membuat rumah sejuk yang bisa dipraktikkan di rumah, Gimana? Lansung kita coba aja yuk Teman88. Semoga artikel diatas dapat membantu Teman88 semua yaa!

Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top