9 Ide Desain Dinding Bata Terkini untuk Rumah Idaman

Pernahkah Teman88 melihat rumah yang bagian dindingnya tidak dilapisi semen dan cat namun hanya batu bata saja? Ya, semakin kesini ide desain rumah semakin menarik dan unik. Tak selalu harus dihias menggunakan wallpaper atau cat, kini mulai banyak rumah yang menerapkan ide dinding bata sebagai salah satu pilihannya. Desain dinding batu bata ini menjadi alternatif menghias rumah berkonsep minimalis.

Dari berbagai jenis motif yang ada, ide dinding bata merah dan putih sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Nyatanya, perpaduan dari desain industrial dan modern ini telah banyak dipilih oleh beberapa orang yang menginginkan konsep rumah dengan suasana baru. Apakah Teman88 juga tertarik mengaplikasikannya?



( Source: https://www.arsitag.com/article/kenali-jenis-dan-fungsi-batu-bata )


Bagi Teman88 yang tertarik, simak ulasan Tim 88Bangunan terkait inspirasi ide dinding bata serta apa saja kelebihan dan kelemahannya secara lengkap, Sebagai Berikut :

1. Dinding Gaya Boho

Dinding motif bata bergaya boho biasa diaplikasikan untuk mengangkat keseimbangan nomad dan hippie. Gaya ini cocok dipadukan dengan dinding bata ringan putih. Kesan yang dimunculkan adalah keintiman vintage dengan degup kosmopolitan.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


2. Dinding Gaya Industrial

Dinding motif bata industrial tak pernah ketinggalan gaya dan zaman. Apalagi jika Anda menyukai tampilan industrial. Untuk gaya ini, jelas dinding motif bata merah yang mengemuka, meski tak merendahkan kasta dinding bata putih. Untuk menghasilkan perpaduan yang ciamik, jangan kaku untuk memilih material pendukung. Kombinasikan dinding dengan baja, kayu, lampu neon, beton atau sistem pencahayan tradisional.

Jika Teman88 ingin memberi kesan yang lebih lembut dan tegas dari gaya industrial, manfaatkanlah ekspos dinding bata ringan putih, maka ruangan Teman88 akan menampilkan kesan yang modern.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


3. Dinding Gaya Skandinavia

Dinding motif bata yang paling serasi dengan desain ini adalah bata putih ekspos. Wara tersebut akan memunculkan rasa bersih dan minimalis. Kelebihan lainnya, bata putih dapat melahirkan kesan luas pada ruangan kecil sebab ada atmosfer cerah dan lapang yang sontak tercipta.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


4. Dinding Gaya Abad Pertengahan

Meski gayanya abad pertengahan, tapi tidak mustahil untuk mengangkat elemen modern sebagai pelengkapnya. Gunakan dinding bata putih ekspos untuk membaurkan kesan klasik, tapi modern.



( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


5. Dinding Gaya Rustic

Lagi-lagi dinding batu bata yang menang adalah ekspos putih, serasi bagi gaya rumah pedesaan tradisional. Untuk melengkapinya, padankan dengan mebel kayu tanpa pengolahan lebih jauh agar sentuhan alami dapat dirasakan.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


6. Dinding Gaya Kolonial Inggris

Segala yang beraroma kolonial akan menciptakan kemegahan dan kesan klasik. Sebenarnya dinding batu bata merah dapat digunakan, tapi kali ini dinding bata ringan putih ekspos naik panggung. Tentu saja untuk memaksimalkan tampilan, pilihlah elemen dekorasi dan mebel yang memunculkan rasa klasik itu.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


7. Dinding Rasa High Contrast

Kesan kontras dapat dibuat dengan menerapkan gaya interior memakai aksen dinding batu bata. Aplikasikan warna putih sebagai latar belakang guna menonjolkan palet pekat seperti hitam atau abu-abu. Dinding bata putih pun akan lebih pas ketimbang dinding bata merah untuk ditegakkan di dapur.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


8. Dinding Bata Luwes

Butuh unsur yang bisa menciptakan suasana lapang dan ringan di rumah. Semua bisa dibuat serba putih. Mulai dari dinding bata ringan hingga lampu gantung dan perangkat makan. Namun, jangan lupa untuk memberikan pencahayaan leluasa dengan menambah cukup ruang terbuka di rumah. Hal ini dapat memunculkan kesan lapang dan ringan. Supaya ruangan terasa segar, Teman88 bebas meletakkan berbagai jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di dalam ruang.



( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )


9. Dinding Bata Hidup

Keajaiban elemen alam mampu menjadikan segala yang mati dan kaku menjadi hidup. Contoh saja dinding bata, baik bata putih atau merah. Jika dibaurkan dengan tanaman dalam ruang, niscaya kesegaran alam akan memercik. Sebab, salah satu fungsi tanaman adalah menyerap panas yang merambat di dinding. Desain gaya hidup yang mengedepankan unsur alam ini dapat dipakai di ruang tamu atau ruang keluarga.


( Source: https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-bata-putih-lebih-cantik-ini )



  • Kelebihan dan Kekurangan Dinding Batu Bata


Popularitas dinding batu bata semakin meningkat, hal ini juga dipengaruhi oleh harganya yang cukup terjangkau. Namun, dinding dari bata membutuhkan perawatan yang sedikit rumit dan proses pemasangannya pun tidak gampang. Selain itu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut kelebihan dan kekurangan dinding batu bata.


  • Kelebihan :
  1. Mudah disusun serta dipasang. Orang yang tak memiliki tingkat keahlian tinggi pun dapat melakukannya.
  2. Karena berukuran kecil, batu bata mudah dalam pengangkutan.
  3. Tidak membutuhkan perekat spesial, cukup dengan campuran semen dan pasir.
  4. Karena tahan panas, bata dapat memberikan perlindungan lebih lama pada bangunan dari api.


  • Kekurangan:


  1. Proses pemasangannya memerlukan ketelitian yang cukup tinggi agar mendapatkan hasil yang rapi.
  2. Dapat mempengaruhi suhu ruangan karena bata memiliki sifat mudah menyerap dingin dan panas.
  3. Karena ukurannya, bata cenderung banyak membutuhkan perekat.
  4. Struktur bangunan akan mendapat beban tambahan karena bata merah merupakan material bangunan yang cukup berat.


  • Tips Memilih Batu Bata


Kualitas bata terlihat langsung pada fisiknya. Bata dengan kualitas baik harus bebas dari patah, retak, cacat, atau berbagai benjolan serta kotoran. Selain itu, ukurannya harus seragam. Dengan kata lain, sudutnya mesti tajam dan tepiannya rata. Agar pekerjaan rapi, bentuk bata harus persegi seragam. Terkait warna, semakin merah bata tersebut maka kualitasnya semakin bagus.

Namun sebenarnya, untuk perkara gelombang dan keretakan pada permukaan bata masih bisa ditoleransi dan merupakan kasus yang wajar. Jika tidak mengganggu estetika bata, maka Teman88 masih bisa memilihnya. Namun, jika retak dan gelombang jelas terlihat, hindari untuk membelinya. Kemudian dalam urusan cara pembuatan, bata hasil cetakan mesin lebih unggul dari bata yang dibuat secara manual. Sebab, mesin menghasilkan ukuran bata yang akurat serta seragam. Alhasil, ketimpangan ukuran antara satu bata dengan lainnya dapat diminimalisir.

Itu dia beberapa desain ide dinding bata yang bisa menjadi referensi Teman88. Apakah sudah menemukan yang cocok untuk hunian Teman88 ? Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kelemahannya agar pengaplikasian desain ini menjadi efektif. 


Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top